Rabu, 08 Oktober 2014

Kecuali Buahnya Ampuh Tumpas Kanker, Biji Blackberry Kaya Asam Omega



Bentuknya mungil dengan rasa asam dan biji-biji mungil keras di dalam buahnya. Buah berwarna hitam ini dinobatkan sebagai superfood karena sejumlah nutrisi penting yang dimilikinya.

Bentuk buah blackberry selintas mirip dengan black raspberry. Buah mungil ini dikenal karena kandungan nutrisinya yang sarat. Seperti serat, Vitamin C, vitamin K dan mangan.

Kecuali itu juga mengandung serat larut dan tidak larut. Setiap 100 gram blackberry hanya mengandung 43 kalori, mengandung 5.3 g serat dan mengandung sejumlah vitamin A, E dan K.

Yang istimewa buah ini mengandung sejumlah antioksidan. Seperti anthocyanins, flavonoids, poylphenols, dan penumpas kanker, ellagic acid.

Penelitian ilmiah menyebutkan kandungan antioksidan tersebut sangat ampuh untuk melawan pertumbuahn sel kanker. Juga anti penuaan dini, peradangan dan penyakit syaraf.

Menurut studi yang dupublikasikan The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan antioksidan blackberry tertinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Meskipun tidak sepopuler delima yang kandungan antioksidannya lebih kecil.

Uniknya biji buah yang asam segar ini punya kandungan nutrisi tinggi. Mengandung asama lemak omega 3 dan omega 6. Karenanya saat makan buah ini, jangan dibuang bijinya. Konsumsi bersama bijinya yang kaya nutrisi.

Blackberry bisa dimakan segar, dibuat selai, smoothies atau jus bersama dengan jenis berry lainnya. Buah ini juga umum dipakai untuk topping kuliner pie atau campuran muffin dan cake.

Bersumber dari : Odilia Winneke - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar