Kamis, 10 Januari 2013

Jika Mulai Terserang Flu, Konsumsi Makanan Alami Ini (2)


Jakarta - Flu atau common cold dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Badan jadi letih karena terus menerus batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau demam. Sebelum menelam beragam obat-obatan, cobalah mengatasi dengan sejumlah makanan alami. Kandungan nutrisinya mampu mengatasi flu secara alami.

Alam sudah menyediakan beragam bahan alami untuk menyembuhkan flu. Sebut saja nanas, jujube, kacang, dan sayuran. Selain dapat mengobati flu, makanan ini juga nikmat disantap. Berikut ini 4 makanan lain yang direkomendasikan sebagai penangkal flu alami seperti dilansir Huffington Post UK (10/5/12).

1. Bawang putih

Bawang putih terkenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bumbu dapur ini mampu mengatasi pilek dengan melepaskan allicin, zat antibakteri dan antijamur. Khasiatnya akan lebih terasa jika dikonsumsi mentah atau dilumatkan dalam sup atau minuman hangat.

2. Thyme

Thyme tak hanya membuat masakan lebih enak dan beraroma, tetapi juga dapat mengatasi gangguan pernapasan. Selain membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan, herba ini juga bersifat antispasmodic. Atau mampu mengendurkan pembuluh bronchial dan membersihkan saluran udara menuju paru-paru. Untuk mengobati flu, batuk, atau emphysema, thyme dapat dipakai dalam bentuk teh atau minyak.

3. Wortel

Wortel mengandung betakaroten, zat yang dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah di otak. Makanya, wortel cocok untuk mengobati sakit kepala akibat flu.

4. Seledri

Seringkali penderita flu sulit tidur di malam hari. Kalau Anda mengalami masalah ini, konsumsilah seledri. Sayur ini mengandung phthalidesm yang berefek menenangkan dan membantu tubuh beristirahat.

Bersumber dari : Fitria Rahmadianti - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar