Senin, 31 Desember 2012

Jika Mulai Terserang Flu, Konsumsi Makanan Alami Ini (1)


Peralihan musim seringkali memicu berkembangnya virus flu. Penyakit ini ditandai dengan batuk, sakit tenggorokan, pilek, dan demam. Meski tak berbahaya, penyakit ini menimbulkan perasaan tak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan cara alami gejala flu bisa diredam.

Flu dapat disembuhkan dengan meminum obat bebas. Namun, ada cara yang lebih alami. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman alami. Kandungan alaminya diyakini dapat membantu meredakan gejala flu. Sepeti 8 makanan alami yang disarankan Huffington Post UK

1. Nanas

Flu menandakan sistem kekebalan tubuh rendah. Hal ini dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi lemah. Makanlah nanas yang dapat mengurangi peradangan usus, sehingga mampu memperkuat sistem pencernaan. Si kuning yang asam manis ini juga mempercepat pemecahan protein, sehingga dapat mengurangi gas dan rasa tidak nyaman di lambung.

2. Teh jujube

Jujube merupakan buah yang mirip apel ketika mentah dan persis seperti kurma saat sudah matang. Dalam bentuk teh, jujube kaya akan vitamin C dan baik untuk sistem kekebalan tubuh. Minuman ini banyak digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

3. Kacang

Saat flu, tubuh terasa lemas dan tak bergairah. Atasi dengan menyantap kacang yang tinggi protein. Kacang, terutama almond dan walnut, dapat menambah energi sehingga Anda dapat beraktivitas seperti biasa.

4. Sayuran berdaun hijau

Mimisan juga termasuk gejala flu. Cegah dengan banyak mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Kandungan vitamin K-nya dapat melindungi pembuluh kapiler yang sensitif dan membantu menghentikan darah dengan cepat saat mimisan.

(dyh/odi)
Bersumber dari : Fitria Rahmadianti - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar