Kamis, 27 Desember 2012

Teh Khas India Ini Ampuh Redakan Flu dan Demam




Jakarta - Sedang terserang flu atau batuk? Sebaiknya minum teh hangat. Selain melegakan tenggorokan juga berkhasiat. Apalagi jika menyeduh teh gaya India ini. Tambahan potongan jahe segar akan mengurangi lendir hidung dan tenggorokan.

Kalau di India teh disajikan bersama jahe. Aroma wangi daun teh bercampur dengan hangatnya jahe. Teh jahe banyak tersedia di warung-warung makan pinggir jalan. Karena terbuat dari bahan alami wajar saja jika manfaatnya tidak diragukan.

Menyeduh teh jahe sama seperti teh pada umumnya. Bedanya hanya ditambahkan potongan jahe. Aromanyapun jadi lebih segar dan sedikit pedas. Biasanya disajikan panas dan menjadi minuman favorit saat musim hujan.

Jahe salah satu rempah yang memiliki rasa pedas dan sedikit manis. Selain meredakan kembung dan mencegah masuk angin, jahe juga dapat meningkatkan energi tubuh.

Di India teh jahe merupakan obat populer untuk meredakan batuk dan demam mengigil. Saat flu masyarakat India selalu minum teh jahe untuk melunakkan lendir di hidung.

Bagi Anda yang sedang tak nafsu makan, teh ini bisa membantu mengatasinya. Teh jahe yang terasa panas ini akan membantu proses pelepasan enzim pencernaan guna meningkatkan nafsu makan. Didalam pencernaan teh ini akan membuang gas beracun untuk mengurangi sembelit dan kembung.

Teh jahe disebut juga sebagai ramuan detoks alami. Yang dapat membantu menghilangkan toksin di tubuh. Rasa pedasnya juga dapat melancarkan sistem peredaran darah untuk membantu meningkatkan energi.

Jika ingin menikmatinya tak perlu jauh-jauh datang ke India. Di rumahpun Anda bisa membuat minuman sehat ini. Cukup rebus air secukupnya dengan jahe yang sudah dikupas dan dimemarkan. Saring air jahe dan seduh teh dengan air jahe ini. Tambahkan madu atau gula aren untuk memberi rasa manis yang enak.

(dyh/odi)
Bersumber dari : Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar