Rabu, 19 Desember 2012

Jus Bit Mampu Turunkan Tekanan Darah Tinggi




Jakarta - Bit sering dihindari karena aromanya yang langu. Akibatnya, banyak yang tak akrab dengan sayuran ini. Padahal, bit atau beta vulgaris punya manfaat penting untuk kesehatan. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Hal tersebut dibuktikan dari penelitian yang dilakukan Baker IDI Heart and Diabetes Institute di Melbourne, Australia. Mereka melakukan penelitian untuk menguji keefektifan jus bit untuk atasi darah tinggi.

Para partisipan, yang terdiri dari sekelompok pria sehat diminta untuk minum segelas jus bit. Beberapa jam setelah meminumnya, langsung terdapat efek menurunnya tekanan darah systolic sekitar 4 hingga 5 poin. Tekanan darah systolic merupakan tekanan ketika jantung berdetak sambil memompa darah.

Angka tersebut memang dirasa sangat rendah. Namun menurunnya tekanan darah tersebut bisa mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung. "Sangat menjanjikan, karena kita bisa melihat efeknya dari sekali minum. Efeknya bisa lebih baik jika dilakukan jangka panjang dan diminum secara berkala," kata Leah Coles, PhD, salah satu peneliti.

Para ahli kesehatan lainnya berpendapat jika kandungan nitrat yang tinggi dalam bitlah yang memegang peranan. Nitrat dalam buah bit di dalam tubuh akan diubah menjadi nitric oxide. Nitric oxide kemudian membuat pembuluh darah lebih rileks dan membuatnya melebar. Hal ini membantu darah mengalir lebih lancar dan menurunkan tekanan darah.

"Dari makanan ataupun jus, ada efek antara kandungan nitrat dalam menurunkan tekanan darah. Kemungkinan bisa menjadi komponen penurun tekanan darah," kata ahli diet Norman Hord, PhD, MPH, selaku Associate Professor di College of Public Health and Human Sciences di Oregon State University, seperti dimuat dalam webmd.com (14/12).

Meskipun perlu adanya penelitian lanjutan untuk membuktikan efek nitrat terhadap tekanan darah, namun Hord menyarankan untuk memperbanyak konsumsi nutrisi ini. Selain bit juga sayuran berdaun hijau agar terhindar dari hipertensi. Untuk mengurangi aroma langu seperti tanah, jus bit bisa dicampur dengan air jeruk lemon atau jeruk peras.

(flo/odi)
Bersumber dari : Flora Febrianindya - detikFood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar